11 Agustus 2013

Bernard Batubara & Dewi Lestari Bicara Alihwahana Buku ke Film di MIWF 2013




Dua penulis cerita asli, Dewi Lestari dan Benz Bara, masing-masing berbagi pengalaman dan pendapat mengenai alihwahana buku karya mereka ke medium film. Apa pendapat jujur mereka?


BERTEMPAT di Fort Rotterdam, Sabtu 29 Juni 2013, diskusi seru yang dipandu oleh Aan Mansyur, mengetengahkan soal-soal dalam alihwahana buku ke film yang menjadi tren di industri film belakangan ini.
Benz Bara menyatakan ia baru merasakan pengalaman pertama lewat dua bukunya yang sudah difilmkan dari satu produser yang sama dan dalam produksi keduanya, ia hanya memosisikan diri sebagai konsultan cerita. Sedangkan Dewi Lestari, yang hampir semua karyanya sudah dialihwahanakan ke film, mengatakan bahwa ia sudah tiga kali merasakan di posisi yang berbeda dalam pengalihawahanaan buku karyanya ke film: sebagai penulis skenario, sebagai konsultan cerita, dan tak terlibat dalam produksi.
Diskusi ini merupakan diskusi paling ramai pengunjung selama pelaksanaan Makassar International Writers Festival yang digelar mulai tanggal 25-29 Juni 2013. Silakan menikmati tayangan rekaman LIVE selama diskusi berlangsung.
(diambil langsung dari website Alinea Tv)

Tidak ada komentar: