22 Agustus 2013

Kopdar Fiksi Project

Kopdar Fiksi (KF). Langkah kecil saya untuk memunculkan lebih banyak lagi penulis-penulis muda di tanah kelahiran saya, Pontianak.

Sebetulnya, saya hanya membuat KF untuk Pontianak. Namun, setelah KF mulai berjalan, ternyata banyak permintaan dari daerah-daerah lain agar KF diadakan juga di kota mereka. Apa daya, karena hingga saat ini KF berjalan swadaya, dan saya pun harus menyelesaikan kewajiban lain, untuk sementara permintaan-permintaan itu belum dapat dipenuhi.

Saya bahagia melihat banyak sekali anak muda antusias menulis. Perkara apakah mereka akan awet dan konsisten, itu bisa dibangun, dan sebetulnya juga kembali ke motivasi masing-masing individu. Tetapi setidaknya, dari antusiasme yang dapat dilihat, menulis masih jadi hal yang menarik di mata anak-anak muda. Dan untuk saat ini, itu cukup. Sisanya, mereka tinggal dibimbing dan diberi petunjuk agar semakin tertarik dan mendalami dunia tulis-menulis. Salah satunya dengan KF ini.

KF adalah proyek idealis saya. KF juga adalah proyek jangka panjang. Saya punya banyak sekali rencana untuk wadah kecil ini. Dan sebagaimana proyek jangka panjang lainnya, hal utama yang diperlukan dan paling penting adalah konsistensi. Dan, saya selalu berdoa untuk diri saya sendiri: semoga saya bisa konsisten dengan apa yang sudah saya mulai.

Bismillah.


- Bara

1 komentar:

elva rafael mengatakan...

semoga KF dapat berjalan secara konsisten, dan berharap KF bisa menjadi inspirasi bagi penulis-penulis lainnya untuk melakukan kegiatan serupa.

Segala sesuatu yang dilakukan dengan niat yang baik pasti mendatangkan kebaikan ^_^