4 Desember 2013

Demian, Hermann Hesse





Emil Sinclair merasa terkucil dari keluarganya sendiri. Dia merasa berbeda dari kakak perempuannya, ibunya, dan ayahnya yang menjadi bagian dari dunia penuh cahaya, dunia yang terbuat dari kebaikan, keteraturan, moral yang benar, religius, dan segala hal semacamnya. Sinclair, entah mengapa, merasa dirinya bukan bagian dari dunia tersebut. Dia merasa dia bagian dari dunia yang lain, kutub yang berbeda, berlawanan dari kehidupan yang dia jalani. Dunia yang dia maksud itu adalah dunia yang terdiri dari skandal, hal-hal misterius dan gaib, peristiwa-peristiwa jahat dan kejam, serta manusia-manusia pemabuk. Di dunia seperti itulah Sinclair merasa dirinya seharusnya berada.

Sinclair kecil berusia sepuluh tahun, adalah anak lelaki yang lemah dan berhasrat ingin diterima oleh pergaulan. Maka dia mengarang cerita untuk menunjukkan ke teman-temannya bahwa dia adalah seseorang yang nakal, gagah, dan berani. Sayangnya, cerita tentang mencuri buah apel milik tetangganya yang dia kisahkan dengan bangga kepada teman-temannya ternyata dimanfaatkan dengan cara lain oleh Franz Kromer, “bos geng” yang kemudian menjadi momok bagi Sinclair dan membuat kehidupannya serasa di dalam penjara.

Agar Kromer tidak mengadukan perbuatannya kepada si korban pencurian, Sinclair terpaksa memberikan upeti kepada Kromer. Meski Kromer tidak terang-terangan memerasnya, dia telah memberikan tekanan yang besar bagi jiwa Sinclair pada saat itu. Dia takut Kromer tetap mengadukan perbuatannya kepada si korban, atau lebih parah lagi, kepada polisi. Mungkin juga Kromer akan mengadu kepada ibu dan ayahnya. Sinclair merasa dirinya sedang menghabiskan hari demi harinya dalam sebuah neraka kecil. Dia tak bisa hidup dengan tenang.

Hingga akhirnya, setelah teror yang menimpa kehidupan Sinclair berlangsung selama berhari-hari, penyelamat itu pun datang. “My salvation came from a totally unexpected source, which, at the same time, brought a new element into my life that has affected it to this very day.” Seorang murid baru muncul di sekolah Sinclair, dan dengan segera menarik tidak hanya perhatiannya, tapi juga perhatian murid-murid lain dan guru-guru di sekolah. Murid baru itu, meski tampak seumuran Sinclair, memiliki perawakan yang lebih dewasa dan aura kejantanan yang lebih matang. Murid baru itu adalah Max Demian.

Semula, saya kira Demian adalah nama tokoh utama dalam Demian. Ternyata, dia adalah tokoh pembantu yang membimbing dan memberikan petunjuk-petunjuk kepada Emil Sinclair, sang tokoh utama, dalam menemukan jati diri dan tujuan hidupnya. Ya, itulah isu yang diangkat Demian. Buku karangan Hermann Hesse (1877-1962) ini bercerita tentang pencarian jati diri, pemenuhan diri, dan penyadaran diri. Hesse adalah seorang pengarang berkebangsaan Jerman yang meraih Nobel Kesusastraan tahun 1946. Bercita-cita menjadi seorang penyair setelah membaca sajak Friedrich Hรถlderlin dan berakhir menjadi novelis (walaupun dia juga menerbitkan beberapa buku puisi dan kumpulan cerita).

Sejak halaman pertama, saya tahu bahwa Demian adalah buku yang berat. Berat dalam artian gagasan yang ia usung. Self-fulfillment, self-awareness, dan transisi antara ketergantungan dan pemberontakan adalah poin-poin utama yang diurai oleh Hesse lewat narasi yang sangat padat dengan pemikiran-pemikiran dan filosofi tersebar dalam 145 halaman secara apik.

Kau mungkin bisa meniru teknik menulis Murakami dengan latihan secara rutin dan meneliti dengan cermat elemen-elemen dalam tulisan-tulisannya, tapi seperti halnya Alice Munro, saya jamin kau takkan bisa meniru Hesse. Bobot dalam tulisan Hesse dan gaya bahasanya yang terbilang berat bukanlah bobot yang dirancang dan diciptakan hanya dengan teknik mumpuni, melainkan bobot yang memang muncul dengan sendirinya dari pemikiran-pemikiran serta sikap politik dan spiritual Hesse. Ibarat seorang jago bela diri, pemilik sabuk merah atau cokelat atau hitam mungkin masih berkutat dengan jurus-jurus. Namun seorang master tak lagi berpikir perkara teknik. Teknik telah melebur dan hilang, lenyap tak terlihat. Yang muncul adalah tenaga dan gagasan. Memukul tanpa menggunakan tangan. Menendang tanpa melayangkan kaki. Melempar orang hanya dengan aura dan tatapan. Itulah yang dilakukan Hesse lewat novel kelimanya ini, yang diterjemahkan dari versi aslinya berjudul Demian: Die Geschichte von Emil Sinclair Jugend.

Kalau kau tidak percaya dengan pernyataan saya di atas, simaklah salah satu kutipan ini dan katakan kepada saya bagaimana cara kau menirukan kalimat serupa:

For the first time in my life I tasted death, and death tasted bitter, for death is birth, is fear and dread of some terrible renewal.

Atau:

I stopped irresolute at the far end of the avenue: staring into the dark foliage I greedily breathed the humid fragrance of decay and dying to which something within me responded with greeting.

Sekarang mari kembali ke kisah Emil Sinclair, tokoh utama dalam Demian.

Sinclair merasa dirinya berbeda dan tak cocok berada dalam “world of light” dimana keluarganya tinggal. Perasaan ini semakin diyakininya setelah dia terlibat percakapan seru dengan teman barunya, Demian. Dalam perjalanan pulang dari sekolah, mereka berbincang-bincang tentang kisah Cain & Abel (Islam mengenalnya dengan Kabil & Habil). Memiliki pemikiran yang berbeda terhadap kisah tersebut, Demian menawarkan sudut pandang dan konsep yang baru kepada Sinclair tentang “tanda” yang dimiliki Cain. Belakangan, Sinclair merasa dirinya serupa seperti Cain. Dia adalah orang terpilih, diberi “tanda”, untuk menjadi berbeda dan membedakan dirinya dari masyarakat. Hal ini membuat Sinclair semakin yakin untuk melepaskan diri dan mencari, bergelut dengan “dunia lain” dimana dia semestinya berada.

“Dunia lain” inilah (dalam pandangan Sinclair, dunia yang dia tempati adalah dunia, dan “dunia normal” adalah dunia lain itu, “world of light” seperti milik keluarganya) yang dikejar oleh Sinclair. Dalam pencariannya itu, pada titik pertama dia diberi petunjuk demi petunjuk oleh Demian. Sayangnya, setelah dia diselamatkan dari Kromer oleh Demian (entah dengan cara bagaimana, sepertinya negosiasi atau semacam itu, tidak disebutkan jelas) hubungan Sinclair dengan Demian merenggang. Semata karena Sinclair merasa tak memiliki signifikansi lagi atas hubungannya dengan Demian dan dia telah kembali ke pelukan ibundanya setelah berterus terang tentang masalahnya dengan Kromer. Tetapi sebetulnya bukan hanya karena hal tersebut, melainkan Sinclair sedikit merasa takut terhadap aura asing dan gravitasi yang begitu kuat yang muncul dari diri Demian. Dalam pada itu, meski Sinclair merasa ingin menjauh dan tak berhubungan lagi dengan Demian, ada bagian dari dirinya yang ingin bertemu lagi dengan Demian. Pertanyaan-pertanyaan yang berdengung di kepalanya tentang makna kisah Cain & Abel versi Demian, perihal keyakinan, dan “dunia lain”, menumpuk dan menariknya untuk menemui Demian kembali.

Ibarat selembar kertas, Sinclair adalah sosok manusia serupa halaman yang kosong. Namun, halaman kosong tersebut hanya menghendaki diisi oleh hal-hal yang berasal dari “dunia lain”, dunia asing yang Sinclair anggap adalah dunia normalnya. Demian adalah orang pertama yang membuka gerbang menuju dunia tersebut. Terlebih setelah Demian menulis sepucuk memo untuk Sinclair, sebagai responnya terhadap lukisan Sinclair yang menggambarkan seekor burung berusaha untuk menembus bola dunia yang gelap.

The bird fights its way out of the egg. The egg is the world. Who would be born must first destroy a world. The bird flies to God. That God’s name is Abraxas.

Burung itu, di kemudian hari disadari Sinclair, adalah dirinya sendiri. Dia berusaha untuk keluar dari cangkang, world of light yang penuh moralitas dan hal-hal religius. Dia ingin terbang beranjak dari sana. Tetapi, sebelum itu, Sinclair menyadari bahwa dirinya adalah sosok dengan jiwa yang lemah. Dia selalu butuh sandaran. Sandaran pertama saat dia menerima bully dan teror dari Franz Kromer adalah Demian. Sandaran kedua setelah dia lepas dari Kromer adalah ibunya sendiri. Maka, ketika pada suatu hari Sinclair tinggal jauh dari orangtuanya untuk hidup di kos, dia kehilangan sandaran tersebut dan menjadi limbung. Sinclair bertemu kenalan baru, Alfons Beck, dan menghabiskan hari demi harinya dengan keluar-masuk bar, mabuk-mabukan. Sandaran berikutnya adalah sosok seorang gadis cantik di taman yang diasosiasikan Sinclair sebagai Beatrice, perempuan dalam lukisan Dante Gabriel Rossetti. Untuk pertama kalinya, Sinclair merasa dirinya jatuh cinta. Pada saat itulah, dia merasa menemukan rumahnya kembali.

I had to come home again to myself, even if only as the slave and servant of a cherished image.

Sayangnya, sosok Beatrice tak pernah termanifestasi secara nyata. Sinclair membuat lukisan Beatrice versinya sendiri dan menyadari bahwa lukisan tersebut berubah-ubah bentuk menjadi dirinya, Demian, dan pada akhirnya mewujud sosok ibu kandung Demian, Frau Eva.

Sebelum bertemu Eva, saat Sinclair kembali menjauh dari Demian, dia bertemu seseorang yang lain. Seorang pianis bernama Pistorius. Pistorius adalah anak pastor yang, ternyata, “sejenis” dengan Sinclair. Pistorius menyeleweng dari orangtuanya yang sangat agamis. Dia ingin membangun sektenya sendiri. Hubungan Sinclair dan Pistorius dimulai dengan pertanyaan Sinclair tentang Abraxas. Pistorius yang kaget mengetahui ada orang lain yang mengenal nama tersebut, membawa Sinclair ke rumahnya dan membukakan gerbang kedua bagi Sinclair. Gerbang menuju kepercayaan baru.

Hubungan murid – mentor antara Sinclair dan Pistorius tak berlangsung lama. Meski demikian, Sinclair mendapatkan banyak pelajaran dari Pistorius. Setelah itu, Sinclair bertemu dengan Frau Eva, ibunda Demian. Tinggal di rumah Eva, Sinclair akhirnya menemukan tujuan hidupnya dan pencariannya telah menemukan jalan terang.

Buku bagus, adalah buku yang membuatmu berpikir, merenung, berkontemplasi. Buku yang, setelah membacanya, kau merasa ada sesuatu yang bertambah di dalam kepalamu. Bertambah dengan sangat banyak. Hal-hal yang bertambah itu adalah pengetahuan baru. Pemikiran baru. Buku yang menawarkan sudut pandang baru dalam memaknai kehidupan dan manusia. Buku tersebut akan menghantam pemikiranmu dengan gagasan-gagasan yang memaksamu untuk berpikir ulang dan memberi waktu cukup lama, bahkan sangat lama, untuk mencernanya. Pada halaman-halaman tertentu kau akan berhenti untuk menarik napas, berpikir sangat dalam, membacanya ulang dan berpikir lagi, dan setelah kau selesai membacanya kau tahu bahwa dirimu bukanlah dirimu yang dahulu. Kau telah berubah. Pemikiranmu telah berubah. Buku tersebut akan membuatmu melihat apa yang kau lihat selama ini dengan cara yang berbeda. Cara yang tidak lagi sama.

Dan Demian, para pembaca yang budiman, adalah buku yang seperti itu.

***

102 komentar:

Rifaah mengatakan...

Setelah baca buku ini, apa yang kamu renungi, Bara?

Apakah buku ini benar-benar bisa membuat pembacanya jadi 'berani' (atau menurut saya lebih tepat disebut: berhenti-dari-kemalasan) untuk benar-benar memikirkan nilai-nilai dari kepercayaan yang dia anut dan tidak hanya pasrah menjadikannya sebagai warisan dari orang tua?

benz mengatakan...

Rifaah: masing-masing buku memberi efek yang berbeda bagi masing-masing pembaca.

Dewi Tantri mengatakan...

saya sangat tertarik untuk membaca buku ini dan kira-kira dimana saya bisa menemukan dan membeli buku ini di Indonesia? jika dari anda ada yang mengetahuinya mohon informasinya. terimakasih

Cleodora Charisma mengatakan...

Kepo sama buku ini abis BTS ngeluarin short film nya buat kambek, bhaks:v

Unknown mengatakan...

tolong dong bukunya dijualin ke saya

Fadhila Santosa mengatakan...

sama... haha

GraciellaGrace mengatakan...

haha lol sama XD

dreamersgirl mengatakan...

Sama cuy... Langsung cari info buku ini haha, penasaran

lya cancer26 mengatakan...

Duh kepo semua nih wkkkww pasti yang lagi kepo sma demian gara2 BTS gunain konsep ini, duhhh
Muter otak buat pecahin teori baru.

NEVERGIRL mengatakan...

Masih ga ngerti sama BigHit, tapi buku ini kayanya bagus banget XD

NEVERGIRL mengatakan...

Masih ga ngerti sama BigHit, tapi buku ini kayanya bagus banget XD

Rizki May mengatakan...

lol we've samw reason :d

Ineke Dwi mengatakan...

Aku udah kelilingin Gramedia ngubek2 buku lama tp gak nemuin ini buku ๐Ÿ˜‚

Ineke Dwi mengatakan...

Aku udah kelilingin Gramedia ngubek2 buku lama tp gak nemuin ini buku ๐Ÿ˜‚

Ineke Dwi mengatakan...

Maaf aku mau bertanyan ..
Buku ini terbit tahun berapa yah ?? Juga penerbitnya apa?? Aku mau cari ini buku, soal nya tertarik bngt..

Fransiska silvia mengatakan...

Aduh.... Samaan sih. Hahaha XD
Tapi keknya keren tuh ceritanya.

Fransiska silvia mengatakan...

Aduh.... Samaan sih. Hahaha XD
Tapi keknya keren tuh ceritanya.

Anonim mengatakan...

Nah A.R.M.Y pada ngumpul dsini nyari info buku ini :D

Fitri Ayu Anggarani mengatakan...

ARMY detected!!! wkwkwkwkwk

Welcome to BEAUTY WORLD mengatakan...

bukunya pertama kali terbit itu taun 1919.. gilak itu udah lama banget.. terus gak nemu2 yang udah di terjemahin ke bahasa indo nya.. ngebul pala baca yang english wkakakak bisa sih, cuma ngeri nanti pesannya jadi melenceng/? hahahaa

ngobrol ama namjoon aja lah ntar, atau pinjem bukunya dia hahahaa

btw, makasih mas penerangannya tentang buku ini.. jadi bikin ngerti sedikit2 tentang teori2 yang mau coba disampaikan sama grup idola saya.. emang dia mah suka gitu ngasih2 kode mulu.. yang lama aja belom terpecahkan, lah yang baru udah keluar wkakakak mana berhubungan semua lagi elaahh...
*lah panjang amat nulisnya.. gpp deh, pokoknya makasih ya mas xD

Osy Syafitri mengatakan...

penasaran sumpah sama buku ini gara-gara BTS...

Marli mengatakan...

Iya nih gegara bts, cari sana-sini ga ada, sekalinya nemu di BL ehh stocknya abis, wkwkwk

Hana Han mengatakan...

Gara2 bts postingan ini jadi ramee.. hayookk army pd ngumpullll LOL

Pramadina Okta mengatakan...

semuanya yg komen army semua ..cuma buat mecahin teori nya wings

Anonim mengatakan...

Sebenernya pertama. Iya ini karena ada yang rekomendasiin buku ini dalam bentuk film. Ah bukan ini dalam bentuk short film .
Kedua, memang buku ini menarik, saya akui ini terlalu berat apalagi kalau baca dalam bahasa inggris takut-takut saya salah paham.
Ketiga, kampreet pada ngumpul disini. Hampir semua nyariin buku ini ya. Haha.


BTS dan BigHit emang kreatif. Thx udah ada resensi.

Yoon Ara mengatakan...

Abis liat wings jadi penasaran sama buku ini kayanya bagus

Dila Nursyifa mengatakan...

Liat WINGS langsung PENASARAN akhirnya search tentang Demian eh ternyata nemu๐Ÿ˜‚ udah sedikit paham ^^

annisa mutiara mengatakan...

yang komen mayoritas ARMY kepo korban Bighit yekan? :'v ternyata bukan gua doang yang kepoin ini buku :'v

annisa mutiara mengatakan...

nimbrung disini juga dil? :'v keduluan sama kamu eung :'v

D Ira mengatakan...

Sumpah ya sumpahhh, gegara short movie BTS jadi penasaran sama buku ini. Please lah bang namjoon pinjemin ke gue, pengen bgt baca buku ini:'(

Nadia Salwa mengatakan...

Masih muter otak nih buat mecahin theory nya, ayuk lah yang ARMY kita shareing aja :'v

Keisha Susilo mengatakan...

udh baca ini tp masih belom ngerti :v kode nya BIGHIT banyak bukannya bikin gampang malah tmbh susah di cerna di otak.-.

Cindy Eliza mengatakan...

Gara2 bighit dan 7 anak asuhnya, gue jg penasaran sama buku ini. Apalagi gue anak sastra inggris. pengen baca bukunya tp gatau dimana :(((( kzl

TaeMooN mengatakan...

Otak gw mencerna super sekali .. kwkwkw bighit love you -ele...๐Ÿ˜‚udah ah fotocopy aja punya namjoon.. kwkwkw

TaeMooN mengatakan...

Otak gw mencerna super sekali .. kwkwkw bighit love you -ele...๐Ÿ˜‚udah ah fotocopy aja punya namjoon.. kwkwkw

BANGTAN BOYS mengatakan...

Ya allah bighit kode kodean mulu dan gegara itu jadinya gua nyasar kesini๐Ÿ˜‚

Unknown mengatakan...

Army berkumpul dikolom komen

Annie needs Hobie mengatakan...

Dimana nyari buku ini yahhhh yg udah diterjemahin ke indo tentunyaa....ga bisa move on liat STIGMA Taehyung

Annie needs Hobie mengatakan...

Dimana nyari buku ini yahhhh yg udah diterjemahin ke indo tentunyaa....ga bisa move on liat STIGMA Taehyung

Rizka Khusnul Habibah mengatakan...

Ini yang Komen kok ARMY (Fans BTS) semua ��

agvi indah mengatakan...

ARMY DETECTED ������

Unknown mengatakan...

JANGAN JANGAN YOONGI DEMIAN, ATAU SI JUNGKOOK SI SINCLAIR;-; BIGHIT RUINED ARMYS SM,

Nawang Wulandari mengatakan...

Wkwk๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ sama! Langsung terjun ke perpus pusat dan Gramedia.. tpi kagak ada. Nyarinya susah deh keknya. English jg bahasanya

Jeon mengatakan...

Bighit doang dah emang lopeyu :* :'D

taetaeinlove mengatakan...

yang udh punya info ttng di mna cari buku ini,tlng share ya ......

Agus Jati mengatakan...

Gramedia

Fitri Rahmawati mengatakan...

Kalo buat org bandung. Kayaknya bisa nyoba nyari di toko buku palasari. Atau nggk kata temen aaya biaa cari di cicadas di depan bangunan ex-kandaga, soalnya temen saya suka dapet novel novel baheula (lama) disana.
Gara gara Bighit BTS nih saya jga nyari info sana sini. Hehe

Fitri Rahmawati mengatakan...

Siapa tau yg namjoon mah udh banyak di corat coret translate-an ya, udh ada rangkuman rangkuman ceritanya hehe :D

JeonArmy mengatakan...

Dilihat komen terakhir 2013. sekarang bts pakek konsep ini Yang komen Army semua๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„ kita sama" mencari tahu ;b

JeonArmy mengatakan...

Dilihat komen terakhir 2013. sekarang bts pakek konsep ini Yang komen Army semua๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„ kita sama" mencari tahu ;b

Ray Anugrah mengatakan...

Bighit dan BTS mrmbuat army pintar dan kepo haha

Ray Anugrah mengatakan...

Bighit dan BTS mrmbuat army pintar dan kepo haha

Winda Ardyarti mengatakan...

banyak banget yang posting ini di facebook...jdi pnsrn...
big hit ada2 ajayah sllu mmbwt pra armydeul pnsrn akn bts

Anywhere but Here mengatakan...

wah, efek anak anak kpop, komentar2 yg tadinya ada "arti terdalam" di 2013 berubah drastis dri muka gw serius dan bener2 ngamatin got into it begitu gw scroll kebawah dan tiba2 aja gw langsung senyum dan ketawa dikit XD gw berharap dri sini bts makin populer deh dan tampil di acara besar kyk mama jgn 1 lagu lgi klo kyk gitu hyyh kurang ada arti jadinya:(

nanda effendy mengatakan...

sebenarnya udah tau ini novel udah lama, cuma kan karena abraxas itu jadi ga berani baca, biarpun iman kuat sih, cuma kan kalo udah terlalu dalam baca buku susastra kayak gini, jd pemikiran kritis terbuka, eh ini gara2 BTS dan konsepnya jadinya kepengen baca, english version menegangkan sih, pokoknya usahain dpt epub, hahaha xD

Unknown mengatakan...

Penasaran juga :v tapi udah banyak ARMY yang kesini duluan, bhaks~ Garagara bighit saya sampe disini :')))

kim naily mengatakan...

seketika novel inilaris di klangan ARMY n kpopers..hahahaha
saya penasaran banget sm novel ini gara" BigHit dan BTS karena teori yg udah buat aku setress...wkwkwkkkkk

syifa nadira mengatakan...

Kann army disini ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

syifa nadira mengatakan...

Kann army disini ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

EUNSOO KIM mengatakan...

Gils army semua yang ngomen yalord

Umi Nurkhaliza mengatakan...

Apa cuma gue:v

Anonim mengatakan...

waw bukunya keren
BIGHIT juga keren karena udah ngebikin wings sort film dan secara ga lansung bikin ARMY penasaran dan kepo sama buku demian ini :v

Herlinda melinia mengatakan...

pengen bukunya euy, Bighit bikin gue mati penasaran gegara teaser2 nya

Vallerinne mengatakan...

BTS EVERYWHERE :V iya buku ini ditukis pas perang dunia pertama oleh hermann hesse sebenarnya cerita emil sinclair sendiri terinspirasi oleh kisah hidupnya sendiri semasa muda. Makanya karya demian : the story of emil sinclair ini sendiri punya makna berarti bagi seseorang yang sedang diombang ambing dan mencari jati dirinya semasa muda. Sama dengan konsep BTS yg mengunsung tema "YOUTH" "FOREVER YOUNG" Rapmon sendiri uda kasih kita kode dia lagi baca buku ini pas dimulainya HYYH era pertama.

margaretha wirasetya mengatakan...

Taun 1919, makannya susah dicari .-.

Unknown mengatakan...

Bts everywhere army everywhere ...
๐Ÿ˜…๐Ÿ˜‚
Toko buku bklan rame nie

Unknown mengatakan...

Meskipun gua uda tau klo short movienya saling berhububgan ttp aja gua gak ngerti2. Dan akhirnya jiwa2 detektif gua bangkit buat nyari info trus search sana sini, gila IQ gua nambah kali yah gegara jadi Army

Unknown mengatakan...

Meskipun gua uda tau klo short movienya saling berhububgan ttp aja gua gak ngerti2. Dan akhirnya jiwa2 detektif gua bangkit buat nyari info trus search sana sini, gila IQ gua nambah kali yah gegara jadi Army

sandrika ulfa mengatakan...

Wah, gk nyangka aja. Aku yg gk suka novel kok bisa nyampek sini yah.
Haha because Bts

Saskia Rahmadanty mengatakan...

lah gua gapernah suka sama novel yg berat kek gini, cuma gara2 bts gua sampe mondarmandir cari translatenya :'v ntar lama2 ARMY jadi detektif semua kali ya :'v

Saskia Rahmadanty mengatakan...

lah gua gapernah suka sama novel yg berat kek gini, cuma gara2 bts gua sampe mondarmandir cari translatenya :'v ntar lama2 ARMY jadi detektif semua kali ya :'v

Rafiq Crew mengatakan...

Sama Hahaha :)
Emng Yea Bighit Slalu Bikin Penasaran :D
gue Juga Jadi Nyasar Kesini,Habis Kayanya Seru Juga Bukunya :)
LOVE A.R.M.Y #BTS .
Khusus ARMY Add FB Aku Dong Biar Saling Berbagi Info :)
Email FB : abirafik32@yahoo.co.id

faizah anggraini mengatakan...

Adminnya memegaringbts ikut nimbrung disini cuma gara2 mau tahu teorinya wings :v *betul gak sih ele?.
Btw ikut nyari ini cuma gara2 pingin mecahin teorinya doang sih,dan setelah baca akhirnya paham :3.

Anonim mengatakan...

YANG TAU BELI DIMANA BUKUNYA.. PLEASE KASIH TAU :"""""""""

paris eiffel mengatakan...

Ada yang tau beli buku ini dmn? Di toko jual beli onlen gak ada semua udah nyari :(

Claudia Zhixie mengatakan...

Usetdah.. army semua disini

Sofi Megawati mengatakan...

Samaaaa bgt. Nyangkut2 sama agama ga sih ini?

Elen Yulance mengatakan...

Ulasannya bikin bergidik. Semoga bukunya lebih..

Elen Yulance mengatakan...

Ulasannya bikin bergidik. Semoga bukunya lebih..

Dreamer mengatakan...

wah kaget ketika saya membaca semua komen di sini, gara-gara BTS saya dibuat penasaran sama semua tokoh yang berperan di dalam Demian. Makasih buat ulasan tentang buku ini, sedikit mengobati rasa penasaran saya siapa itu Sinclair dan Demian. Sepertinya buku ini penuh misteri dan recommended banget buat di jajal. Kira - kira bisa dapetin buku ini di mana ya? hahaha

Shinta Mexaflaska mengatakan...

Setelah baca panjang kali lebar kali alas kali tinggi di bagi volum di tambah keliling di kurangin luas kesimpulannya bighit menang banyak (?)

Shinta Mexaflaska mengatakan...

Setelah baca panjang kali lebar kali alas kali tinggi di bagi volum di tambah keliling di kurangin luas kesimpulannya bighit menang banyak (?)

dina risma mengatakan...

novel demian ini pernah di terbitkan di indonesia tahun 2001, penerbitnya Mata Angin, tapi sayangnya cuma di terbitkan sekali, jadi termasuk buku langka untuk yang terjemahan indonesia.

Moulidya Anggianie mengatakan...

Sorry, need to ask. Tahu ngga ya nyari buku ini dimana? Saya coba cari di toko2 buku sepertinya ngga ada, makasih :)

Moulidya Anggianie mengatakan...

Sorry, need to ask. Tahu ngga ya nyari buku ini dimana? Saya coba cari di toko2 buku sepertinya ngga ada, makasih :)

Adya Noor Gistha mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Adya Noor Gistha mengatakan...

Buat semua aja yg minat Demian English / Korean version bisa chat aku di line @jgs8473j ^^ harga 115k-230k yaaa

Indah Hartati mengatakan...

Ka bernard, kalo misalnya kita pengen minta buku demian dipublikasiin lagi terjemahan indonesianya bakal direspon gak? Ini peminatnya banyak soalnya. Yakin deh penerbit bakal untung besar

benz mengatakan...

Indah: Mungkin aja ya. Barangkali penerbit enggak ada yang tahu kalau buku ini lagi rame diminati fansnya boyband Korea.

Neisy Thresna Nesyah mengatakan...

wahh, sebelum baca review kak bara saya punya keyakinan bahwa ini buku adl jenis buku yg benar2 membuat saya banyak melamun disetiap halamannya. tapi kak bara memaparkan resume ceritanya seolah2 ini buku yang "seru". the power of your thought kak bara!

Tribuana Devi mengatakan...

Gilak keren nih buku ternyata gua baca kek ketarik ke dalam cerita n melewati semua itu sendiri /ntah/ gua awalnya sih ga tertarik ma ginian tapi gegara BTS yang suka ngode ngode absurd gua jadi kepo ma novel klasik kek gini, gua udah cari di gramedia semua mall di provinsi gua /se niat itu gua/ gak nemu juga! Itu terbitan taun 1919 kah? Pantes gak ketemu! Tapi gua pernah liat di pasar buku bekas SURABAYA,sumpah beneran ada dan sempet gua baca 2 halaman tapi gua ga tertarik soalnya BTS pan belom ada sangkut paut nya mah nih cerita jadi gua gak beli eh sebulan ato gak 3 minggu kemudian BTS comeback dengan short film nya yang ada sangkut paut ma nih buku ahirnya setelah semua short film rilis gua balik lagi ke pasar buku bekas surabaya dan udah habis! Gua udah cari di semua toko yang ada di pasar ntuh dan jawabanya 'taun piro iku terbite mbak? Ora enek mane iku! Wong saiki 2016 kok nggolek buku tuo koyok ngunu,bien enek regane 75.000 tapi yo ngunu kui rodok lungset lan cover e rusak'*itu bahasa jawa gaes* "tahun berapa itu terbitnya mba? Sudah tidak ada lagi orang sekarang tahun 2016 kok cari buku tua seperti itu, dulu pernah ada tapi ya begitu ada halaman yang rusak dan covernya juga rusak" *bahasa indonesianya* sumpah serasa gua jatuh dari gedung tingkat 10 padahal sebulan yang lalu ada kenapa gua balik lagi udah gak ada!

Tribuana Devi mengatakan...

Harganya 75 ribu lagi pan murah tapi udah abis

Adzkia Khoirunnisa mengatakan...

Apa cuma gue disini yang tertarik ama ni buku gara2 tokyo ghoul:re :'v

putri widia sari mengatakan...

hay army?? Aku kebetulan tau orng yang jual bku itu.. sdh terjmah ver indo. Klo gk slh hrganya 150k.

Ela Putri Karina mengatakan...

Di toko buku kinokuniya ada bukunya english version, 210rb, just share :)

Ela Putri Karina mengatakan...

Di toko buku kinokuniya ada bukunya english version, 210rb, just share :)

Unknown mengatakan...

Versi army korea yg udh d trjemahin yaa katanyaa
Demian itu s taehyung (V) bisa d liat d MV nya blood sweat and tears.. jungkook sinclair versi mudanya, jhope sinclair versi keterpurukanny, namjoon versi sinclair yg bingung akan jati dirinya dan jin versu sinclair udh insaf ato udh nemuin jati dirinya yoongi dy itu temannya sinclair yang sepemikiran sama dy.. dy pianis gereja anaknya pastor... katanyaa sih gtw dah mana yg bener bikin pusing pala emak haha

Naura Nasyita mengatakan...

Army detected

Wilanda Aziza mengatakan...

Njrr.. Kok pnjangan coment sih dri pada materi artikelnya haha ๐Ÿ˜‚ army semua lagi.. Proud of to army

Ocviani Indria mengatakan...

Terakhir kemarin aku liat di gramedia ada

Ardina Oktavia mengatakan...

aku pingin baca buku ini..penasarannnn...
Shin hyuk ahjussi imajinasinya tinggi oeyy๐Ÿ˜

Chacha mengatakan...

Wadoouh! Ini kayaknya penggila kpop semua ya? Especially Army tentunya...
Tapi klo remaja yg masih belasan thn kya aku bisa gk ya mengerti ama jln ceritanya?? Soalnya aku kepo (pke Bgt) buat baca buku ini, gegara semua pada nyari nyari ni buku...
Daebak lah buat BTS yg sukses bikin kepo para army

*Mohon sarannya tntg pertanyaan aku yg diatas*