29 Desember 2013

Proyek Membaca 2014: Kalender Baca



Jujur saja, sejak aktif di Twitter, kemampuan membaca buku saya memburuk. Waktu SMP, saya bisa merampungkan Harry Potter and The Goblet of Fire yang tebalnya lebih dari 1.000 halaman itu dalam waktu tiga hari. Sekarang, jangankan menyelesaikan satu bab novel, membaca satu halaman saja rasanya berat. Lupakan novel 300 halaman ke atas, melihatnya pun sudah membuat kepala saya pusing. Akhirnya buku-buku yang bisa saya selesaikan hanya buku kumpulan puisi atau cerpen. Atau, novel di bawah 200 halaman, itupun butuh waktu berminggu-minggu.

Dalam setengah tahun terakhir, saya menguras isi tabungan cukup banyak untuk melampiaskan sifat impulsif saya terhadap buku. Sejauh yang mampu saya ingat, setidaknya saya membeli hampir seratus buku baru tahun ini. Indonesia dan luar negeri (belakangan saya lebih sering membeli buku-buku luar negeri). Buku-buku tersebut kini menumpuk di dalam kamar, tak terbaca. Tepatnya, belum saya baca. Saya membuat prioritas buku mana yang ingin saya baca segera dan mana yang nanti-nanti saja.

Untuk mengurangi tumpukan buku tersebut, saya membuat sebuah program membaca. Program itulah yang akan saya kemas ulang untuk ‘proyek membaca’ saya tahun depan. Proyek membaca buku ini memang saya buat untuk diri saya sendiri. Namun, teman-teman pencinta buku boleh ikut.

Aturannya begini: Buat semacam ‘kalender membaca’ 2014. Tentukan buku apa yang akan dibaca pada tiap bulannya. Karena saya suka buku-buku fiksi, maka buku-buku yang akan saya masukkan dalam kalender membaca saya adalah novel atau kumpulan cerpen. Teman-teman boleh memasukkan buku nonfiksi dalam kalender membaca masing-masing. Satu bulan satu buku. Ini jumlah minimum. Kau boleh memasukkan lebih dari satu buku kalau merasa cukup optimistis (12 buku dalam 12 bulan tentunya target yang sangat rendah).

Nah, masalahnya kemudian, bagaimana membuktikan bahwa buku-buku tersebut sudah rampung dibaca? Setiap kau selesai membaca sebuah buku, maka kau wajib menulis semacam ulasan. Tidak perlu seformal resensi atau apalah, pokoknya catatan saja. Apa yang kau dapat dari buku itu, sedikit analisis mengenai dialog, karakter, atau adegan-adegan, seperti itulah. Panjang tulisannya berkisar antara 1.000-1.500 kata. Tulisan tersebut diunggah ke blog sebagai arsip membacamu. Sebagai contoh, kau bisa lihat jurnal berikut: A Wild Sheep Chase, Haruki Murakami.

Begitu kira-kira. Di bawah ini adalah kalender membaca saya. Silakan menyusun kalender membaca versimu. Dan yang paling penting adalah: jangan malas. Selamat membaca!




36 komentar:

Gita Prista mengatakan...

ikutan bara! kebetulan di rumah banyak buku-buku yang belum terjamah dan suka bingung sendiri mau menjamah buku yang mana :)

benz mengatakan...

Mari!

Dian mengatakan...

perlu ditiru nih hehhe keren bang :D

dweedy ananta mengatakan...

Mau ikutan juga ^^

benz mengatakan...

Ayo ikutan! :D

Lajeng Padmaratri mengatakan...

Keren juga idenya Kak Bara. Kalo udah ada banyak buku yang belum terjamah sih emang gampang nyusun kalendernya, tapi kalo belum ada bukunya gimana dong?

benz mengatakan...

Lajeng: Diadain. Hehe.

Ajeng Verantika mengatakan...

menginspirasi, Ka Bara! Sebagai pecinta buku, Ajeng mau nyoba nih... hihi

Ryzka Hasri mengatakan...

aku juga gitu kak thn ini, satu bulan satu buku. Kayanya di 2014 bakal nambah, satu bulan dua buku. :D

Anisa Maulidea Binita mengatakan...

Terakhir kali benar2 punya hobi baca itu SMP. Baca postingan ini jadi mau menghidupkan hobi lama :)

benz mengatakan...

Ayo mulai! :D

Lala Bohang mengatakan...

The Great Gatsby exceptionally beautiful. Jenis buku yang susah diletakkan sebelum selesai. Mrs. Dallowaym berat di awal karena Woolf punya gaya menulis yang careless ke pembacanya which is amazing in the middle. Saya juga mau bikin ah kalender baca! Makasih inspirasinya.

Andriansah mengatakan...

Wah sama persis kayak saya, mari mulai membaca

benz mengatakan...

Lala Bohang: Aku sudah lihat daftar punya kamu, Lala. Daftar yang bagus dan sepertinya koleksi buku kita mirip. Terima kasih sudah ikut berpartisipasi dan selamat membaca!

benz mengatakan...

Andriansah: Mari!

Dinda Medica mengatakan...

Terima kasih, Kak Bara. Saya mau lebih bersemangat lagi membaca. :)
Terima kasih juga untuk motivasi lain yg telah Kak Bara berikan.

Ayu Emiliandini mengatakan...

Selesai sidang waktu yang tepat untuk berkutat lagi sama bacaan fiksi. Mungkin aku belum tentukan buku2 apa yang mau aku baca per bulannya, tapi mungkin bisa langsung aku share ulasan bukunya.

Ben. Mohon bantuan advicenya yah, master. #sungkem hehehe...

faradudut mengatakan...

Mau ikutan ya. Novel-novel ringan gak papa kan?

catatan luckty mengatakan...

Bara, buat semangat baca ayo ikutan Reading Challenge 2014

Ini ada beberapa kukasih linknya:
Lucky No. 14 Reading Challenge 2014 http://luckty.wordpress.com/2014/01/01/lucky-no-14-reading-challenge-2014/

Indonesian Romance Reading Challenge 2014 http://luckty.wordpress.com/2014/01/01/indonesian-romance-reading-challenge-2014/

Clara Ng Reading Challenge 2014 http://luckty.wordpress.com/2014/01/01/clara-ng-reading-challenge-2014/

2014 TBBR Pile – A Reading Challenge
http://luckty.wordpress.com/2014/01/02/2014-tbbr-pile-a-reading-challenge/

New Authors Reading Challenge 2014
http://luckty.wordpress.com/2014/01/02/new-authors-reading-challenge-2014/

Mari membaca dengan semangat membara! ;)

benz mengatakan...

Dinda Medica: Mari!

benz mengatakan...

Ayu: Jangan lupa share di sini ya link ulasannya. Biar saya dan yang lain bisa baca juga dan kali aja jadi referensi bacaan baru. :)

benz mengatakan...

Yang lain: Silakan ikutan proyek membaca ini dan bagikan link kalender baca kalian di sini.

fortherose mengatakan...

Ide yang sangat menarik, benz! *ikutan* :)

benz mengatakan...

fortherose: Horee Mbak Ayu ikutan!

Naya mengatakan...

Salah satu resolusiku tahun ini adalah membaca banyak buku, setelah mulai kerja jadi jarang bgt baca buku, dan entah kenapa kalo gw jarang baca buku jadi pelupa dan otak jd kurang kreatif, so aku mau mulai membaca lagi mulai bulan ini. Dimulai dengan novel 'Cinta.' karyamu :)

benz mengatakan...

terima kasih sudah membaca cinta. ya, naya. selamat membaca!

Dyahsynta mengatakan...

Sungguh menarik! Pengen ikutan tapi udah Q2 2014 aja... :/

fina.rara mengatakan...

ikutan ya, bang. ini niat ikut sebenernya udah sejak tahun lalu, tapi gak jadi2 mulu :p

happygolucky mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
happygolucky mengatakan...

ikutan dong bang. bagi reading listnya. ini email aku anggamita.dewanti@gmail.com
makasih bangg

Dhery Utami mengatakan...

Wah! patut dicoba, kebetulan beberapa bulan terakhir ini saya kembali aktif membaca setelah sekian lama. Saya jadi ingin membuat blog dan menuliskan review buku-buku yang sudah saya baca.

Terimakasih Bara sudah membakar semangat saya untuk kembali membaca. Oya boleh dong saya minta reading list-nya Bara untuk referensi buku-buku apa saja yang menarik. E-mail saya dhery_utami@yahoo.com. Terimakasih sebelumnya :D

nur hasanah mengatakan...

aku adalah orang yang dulunya males ngebaca yang namanya novel, klo baca hanya buku2 kuliah dan referensi untuk kepentingan kuliah, gak tau kenpa setelah ketemu bara pas talkshow kata hati di aplaz, jadi minat untuk baca novel, dan sekarang jadi slalu ngebeli novel setiap bara ngeluarin buku baru, dan beli buku2 yang mnurut saya bagus dan menarikk... :)
trimaksih bara... :)

Putri Rahma Aprilliani mengatakan...

Wah boleh dicoba tuh bang bara,kebetulan ak suka banget baca-baca novel gitu,smpe novelnya bang bara yg cinta udah kulahap beberapa kali gara2 ga pnya refrensi lainnya, tp ga bosen2 jga tuh. . . hehe,
oyaa, bagi reading listnya dong bang. ini email aku Putrike313@gmail.com

Makasiih bang bara :)

Denna mengatakan...

Minta reading list-nya dong maaaas. Thank you!

dennaadio@yahoo.com

Ailsa Fathir Humaira mengatakan...

Abis baca ini langsung keingetan 3 novel yang baru dibeli beberapa minggu yang lalu, dan belum ada yang dibaca sama sekali x.x
Baca ah!

Mau dong, Kak! ailsafthr@gmail.com Tengkyu;)

reanhidayat mengatakan...

Halo, Bang Bara jadi salah satu penulis yang (sangat) konsisten meniupkan semangat membaca dan menulis di TL saya hehe.
Boleh minta reading list nya Bang? hehe. Email saya di reanhidayat@gmail.com yaa.
Sukses terus Bang.