26 Agustus 2013

CINTA. (baca: cinta dengan titik)





"Mengapa cinta membuatku mencintaimu,
ketika pada saat yang sama
kau mencintai orang yang bukan aku?

Ketika telah membuka hati,
aku pun harus bersiap untuk kehilangan lagi.
Apakah setelah cinta memang harus selalu ada
air mata dan luka hati?

Kalau begitu,
bagaimana jika kita bicarakan satu hal saja.
Cinta.
Tanpa ada yang lain setelahnya.
Kita lihat ke mana arahnya bermuara."



Menghampiri akhir bulan Agustus, hendak memasuki September yang ceria, saya persembahkan buku kelima saya.

"Cinta." (baca: cinta dengan titik) adalah sebuah kisah tentang sepasang hati atau lebih, dan kisahnya tak semanis yang dibayangkan. Mungkin pahit, mungkin sakit, atau lebih dari itu.

Namun, pada akhirnya, cinta akan berhenti di satu titik. Tidak lagi memikirkan beribu koma yang telah berlalu. Cinta akan berhenti pada satu titik. Berhenti pada perhentian akhir, perhentian yang tepat.

Maka, terimalah persembahanku, "Cinta." [baca: cinta dengan titik] (Bukune, 2013). Akan hadir membawa kisah yang pilu ke hadapanmu, ke hatimu, bulan depan.

Selamat menanti perhentian cinta terakhirmu. Selamat menyambut titik itu.



- Bara


22 Agustus 2013

Kopdar Fiksi Project

Kopdar Fiksi (KF). Langkah kecil saya untuk memunculkan lebih banyak lagi penulis-penulis muda di tanah kelahiran saya, Pontianak.

Sebetulnya, saya hanya membuat KF untuk Pontianak. Namun, setelah KF mulai berjalan, ternyata banyak permintaan dari daerah-daerah lain agar KF diadakan juga di kota mereka. Apa daya, karena hingga saat ini KF berjalan swadaya, dan saya pun harus menyelesaikan kewajiban lain, untuk sementara permintaan-permintaan itu belum dapat dipenuhi.

Saya bahagia melihat banyak sekali anak muda antusias menulis. Perkara apakah mereka akan awet dan konsisten, itu bisa dibangun, dan sebetulnya juga kembali ke motivasi masing-masing individu. Tetapi setidaknya, dari antusiasme yang dapat dilihat, menulis masih jadi hal yang menarik di mata anak-anak muda. Dan untuk saat ini, itu cukup. Sisanya, mereka tinggal dibimbing dan diberi petunjuk agar semakin tertarik dan mendalami dunia tulis-menulis. Salah satunya dengan KF ini.

KF adalah proyek idealis saya. KF juga adalah proyek jangka panjang. Saya punya banyak sekali rencana untuk wadah kecil ini. Dan sebagaimana proyek jangka panjang lainnya, hal utama yang diperlukan dan paling penting adalah konsistensi. Dan, saya selalu berdoa untuk diri saya sendiri: semoga saya bisa konsisten dengan apa yang sudah saya mulai.

Bismillah.


- Bara

[Talk Show] Kompas TV Pontianak / Khatulistiwa TV

Kamis, 22 Agustus 2013 saya numpang mejeng dan bicara soal buku dan film di tayangan "I Love Pontianak" di Kompas TV Pontianak / Khatulistiwa TV. Ini adalah penampilan perdana saya talk show di layar kaca. Haduh!

Berikut beberapa gambar yang diambil langsung dari televisi di rumah. Kami sekeluarga (saya, papa, mama, dan adik) nonton bareng acara tersebut. Hahaha.


- Bara







17 Agustus 2013

[Voice] Love Is Right Menjadi CINTA. (cinta dengan titik)


Novel baru saya yang akan terbit, "Love Is Right" telah berganti judul menjadi "CINTA." (#cintadengantitik)


       

11 Agustus 2013

Membaca Puisi di Fort Rotterdam MIWF 2013



Saya membaca beberapa puisi dari buku Angsa-Angsa Ketapang di Fort Rotterdam, Makassar, pada perhelatan Makassar International Writers Festival (MIWF) 2013, 25-29 Juni 2013.


Bernard Batubara & Dewi Lestari Bicara Alihwahana Buku ke Film di MIWF 2013




Dua penulis cerita asli, Dewi Lestari dan Benz Bara, masing-masing berbagi pengalaman dan pendapat mengenai alihwahana buku karya mereka ke medium film. Apa pendapat jujur mereka?


BERTEMPAT di Fort Rotterdam, Sabtu 29 Juni 2013, diskusi seru yang dipandu oleh Aan Mansyur, mengetengahkan soal-soal dalam alihwahana buku ke film yang menjadi tren di industri film belakangan ini.
Benz Bara menyatakan ia baru merasakan pengalaman pertama lewat dua bukunya yang sudah difilmkan dari satu produser yang sama dan dalam produksi keduanya, ia hanya memosisikan diri sebagai konsultan cerita. Sedangkan Dewi Lestari, yang hampir semua karyanya sudah dialihwahanakan ke film, mengatakan bahwa ia sudah tiga kali merasakan di posisi yang berbeda dalam pengalihawahanaan buku karyanya ke film: sebagai penulis skenario, sebagai konsultan cerita, dan tak terlibat dalam produksi.
Diskusi ini merupakan diskusi paling ramai pengunjung selama pelaksanaan Makassar International Writers Festival yang digelar mulai tanggal 25-29 Juni 2013. Silakan menikmati tayangan rekaman LIVE selama diskusi berlangsung.
(diambil langsung dari website Alinea Tv)

Ranti on "Senja di Jembrana (Milana)"


Ranti (@Runtlalala) membacakan penggalan cerpen "Senja di Jembrana (Milana)".


     

8 Agustus 2013

[Interview] Pontianak Post

Saya tinggal (untuk sementara ini) di Jogja. Setiap bulan Ramadan, saya pulang ke kampung halaman, di Pontianak, Kalimantan Barat. Ramadan tahun ini, saya pulang kampung disambut dengan salah satunya oleh seorang wartawan harian lokal yang sudah dari jauh-jauh hari menanyakan kepada saya via Twitter kapan saya akan pulang ke Pontianak. Setelah saya pulang, keesokan harinya kami bertemu di Ayani Mega Mall Pontianak dan melakukan sesi wawancara.

Tanya-jawab berlangsung lancar. Kebanyakan seputar karir menulis saya. Dan karena profil saya akan dimuat di edisi Ramadan, maka saya pun diberi pertanyaan-pertanyaan seputar mudik dan lebaran.

Berikut gambar hasil wawancara tersebut yang dimuat di harian Pontianak Post, Rabu 7 Agustus 2013.




1 Agustus 2013

Cerita Dari Dalam Kamar

Saya sedang merasa sangat bosan. Dengan beberapa buku di atas kasur dan earphone serta ponsel untuk saya mendengarkan lagu sambil membaca, saya terbaring di dalam kamar. Saya tidak fokus membaca. Saya tidak betul-betul mendengarkan lagu yang terputar dari ponsel saya. Saya merasa bosan. Saya merasa tidak sedang ingin membaca atau mendengarkan lagu. Saya ingin melakukan hal yang lain.

Lalu saya melemparkan pandangan ke sekeliling kamar. Kamar saya tidak luas. Tidak sampai tiga meter persegi. Namun ternyata kamar saya cukup penuh dengan benda-benda antah-berantah. Saya melihat buku-buku yang berhamparan di lantai, saya melihat beberapa buah mug duduk tak beraturan di atas meja di dekat televisi, saya melihat pakaian bergelantungan di balik pintu, dan masih banyak benda-benda lain. Beberapa benda bahkan saya lupa mengapa saya bisa memilikinya dan mengapa mereka bisa berada di dalam kamar saya. 

Kemudian datanglah pikiran itu. Saya mengingat-ingat tentang benda-benda tersebut. Cerita mereka, bagaimana mereka bisa muncul di dalam kamar saya. Saya mengingat kisah yang dibawa oleh masing-masing benda itu hingga mereka saat ini tinggal bersama saya. Lalu, saya merasa ingin menuliskan cerita tentang benda-benda itu. Saya ingin memanggil kenangan tentang benda-benda itu dan mengabadikan kenangan itu di dalam sebuah tulisan.

"Cerita Dari Dalam Kamar", begitu saya menamai proyek kecil ini. Ini adalah proyek pribadi saja, sebenarnya. Sekadar untuk memaksa saya agar tetap menulis setiap hari. Singkat kata, proyek ini adalah sebuah proyek menulis 1 benda 1 hari 1 cerita, berlangsung selama bulan Agustus 2013. Jenis tulisannya adalah NONFIKSI. Itu artinya, jika saya tidak membelot dari komitmen, selama bulan Agustus ini saya akan memiliki 31 cerita tentang benda-benda yang ada di dalam kamar saya.

Seperti yang saya katakan, ini adalah proyek untuk diri saya sendiri. Namun, saya mempersilakan dan mengundang teman-teman yang ingin turut serta. Silakan ikut menulis di blog masing-masing, setiap hari tulis satu cerita tentang satu benda yang ada di kamarmu. Jangan lupa sertakan foto benda yang kamu ceritakan. Seperti saya, jika kamu rajin dan tidak mengingkari janji pada diri sendiri, maka di akhir Agustus kamu akan memiliki 31 cerita tentang 31 benda yang ada di kamar kamu. Setiap usai menulis satu cerita di blog, kamu bisa membaginya kepada saya dan teman-teman yang lain dengan tweet tautan (link) postingan blog kamu di Twitter, menggunakan tagar #CeritaDariKamar. Jika tidak sedang sibuk (atau malas, hehehe), saya akan membacanya satu per satu. Saya juga akan membaginya kepada teman-teman yang lain dengan retweet cerita dari kamarmu. :)

Begitulah. Mari rayakan Agustus dengan bercerita dari dalam kamar!


  • Update Terbaru: Cerita terpilih akan saya bacakan ON AIR di 95.8 FM Prambors Jogja, mulai September 2013, dalam program "Cerita dari Bara". Setiap Senin-Jum'at, pukul 22:00-23:00 WIB. Dengerin ya!
  • Update Terbaru Terbaru: Proyek menulis ini akan DITERBITKAN oleh Bukune dan cerita-cerita terpilih akan ikut dimuat dalam buku tersebut. Hore!

- Bara

  • Baca #CeritaDariKamar saya hari pertama: Foto Keluarga 
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari kedua: Kipas Angin
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari ketiga: Televisi
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari keempat: Selimut
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari kelimat: Bantal
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari keenam: Sajadah
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari ketujuh: Headphone
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari kedelapan: Tas Kecil
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari kesembilan: Buku
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari kesepuluh: Rak Buku
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari kesebelas: Helm
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari keduabelas: Colokan
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari ketigabelas: Jam Meja
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari keempatbelas: Mug
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari kelimabelas: Plakat
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari keenambelas: Styrofoam
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari ketujuhbelas: Dudukan Laptop
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari kedelapanbelas: Seprei
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari kesembilanbelas: HDD External
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari keduapuluh: ID Cards
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari keduapuluhsatu: Travel Bag
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari keduapuluhdua: Dumbell 
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari keduapuluhtiga: Laci Pakaian
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari keduapuluhempat: Laptop
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari keduapuluhlima: Gitar
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari keduapuluhenam: Parfum
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari keduapuluhtujuh: Topi Pet
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari keduapuluhdelapan: Kacamata
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari keduapuluhsembilan: Jam Tangan
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari ketigapuluh: White Board
  • Baca #CeritaDariKamar saya hari ketigapuluhsatu: Poster