30 September 2015

Jika Aku Milikmu Bertandatangan



Senin lalu, saya membubuhkan tandatangan ke sekian jumlah Jika Aku Milikmu, novel terbaru saya.

Stok terbatas novel bertandatangan ini dipersembahkan untuk pembaca setia. Walaupun setelah menandatangani semua eksemplar, pinggang saya jadi pegal-pegal dan jari tangan agak kram, nggak masalah. Saya senang, karena berbuat sesuatu untuk pembaca. Bahkan, saya bahagia melakukannya!

Edisi bertandatangan Jika Aku Milikmu hanya bisa diperoleh di toko-toko buku online. Daftar toko buku online yang menyediakannya akan saya beritahukan nanti, setelah dikabari oleh penerbit.

Ingat: Jika Aku Milikmu bertandatangan asli ini hanya tersedia dengan stok terbatas. Jadi, semoga beruntung ya!

~ Bara

19 September 2015

Buku Kedelapan: Jika Aku Milikmu





Pagi ini, beranda kamar saya kedatangan sekeping biru langit. Samar-samar saya mendengar gesekan biola memainkan melodi ‘Minuet’. Saat saya membuka pintu, ada sesosok gadis berdiri di hadapan saya.
“Nama saya Nur, Kamu Bernard yang menuliskan saya? Salam kenal ya.'
Kemudian, dia pergi lagi, sembari menggesek biolanya. Begitu saja, dia lalu terbang ke biru langit, meninggalkan saya termangu.
Sebelum beranjak, dia sempat menitipkan gambar ini untuk saya tunjukkan ke kamu.
Selamat pagi dari buku ke-8. Terima kasih buat semua yang sudah membantu memilih covernya. Saya menyukai warna biru langit muda ini.
Semoga JIKA AKU MILIKMU, novel terbaru saya ini, bisa segera menemui teman-teman!

~ Bara

18 September 2015

Alih Wahana Puisi ke Musik Klasik

Minggu, 13 September 2015, saya mendapatkan kesempatan berharga untuk menghadiri sebuah acara yang menakjubkan. "Tea With Ananda", pertunjukan musik klasik oleh Ananda Sukarlan.

Di sana, saya menyaksikan secara langsung sesuatu yang belum pernah saya lihat sebelumnya: Ananda Sukarlan menggubah dua puisi saya menjadi komposisi musik klasik, yang dinyanyikan dan dimainkan dengan sangat apik nan indah oleh tiga anak muda berbakat: Mariska Setiawan (soprano), Nikodemus Lukas (tenor), dan Jessica Sudarta (harpist). Mereka menyanyikan puisi "Sepasang Daun Ketapang" dan "Kita" dari buku Angsa-Angsa Ketapang.

Selalu menakjubkan melihat orang lain mengapresiasi sebuah karya dengan membuat karya baru atas karya tersebut. Alih wahana adalah satu cara paling ampuh untuk memperluas ranah penikmat suatu karya.

Saat kemarin melihat puisi saya dinyanyikan sebagai komposisi musik klasik, saya merinding dan takjub. Saya belum pernah mengalami yang seperti ini. Benar-benar hal yang baru bagi saya.

Terima kasih kepada para musisi klasik muda dan berbakat yang sudah memberi pertunjukan yang menakjubkan, dan tentu saja terima kasih kepada mas Ananda Sukarlan.

Teman-teman dapat menyaksikan video pertunjukan itu di Youtube. Yang saya pajang juga di sini. Selamat menikmati.

~ Bara



9 September 2015

Ilustrasi di Novel Terbaru






Ini adalah salah satu dari beberapa ilustrasi yang akan ada di novel terbaru saya. Dibuat dengan sangat indah oleh ilustrator favorit saya, Ida Bagus Gede​ Wiraga.

Saya sudah bekerjasama dengan Hege (panggilan akrabnya) sejak pengerjaan buku puisi saya edisi revisi, Angsa-Angsa Ketapang. Saya memintanya untuk membuat cover dan ilustrasi isi di buku tersebut. Kerjasama berikutnya saya dengan Hege di Jatuh Cinta Adalah Cara Terbaik untuk Bunuh Diri. dia membuat beberapa ilustrasi di buku itu, yang salah satu ilustrasinya akhirnya juga dipakai sebagai elemen utama di covernya.

Sekarang, lewat Penerbit Gagasmedia, Hege kembali menorehkan goresan ilustrasinya di novel terbaru saya (sampai hari ini judul pastinya belum ditentukan). Ilustrasi ini dikirim oleh editor saya, Widyawati Oktavia​, lewat Whatsapp tadi malam. Saya takjub dengan hasilnya. Terasa lembut dan puitis, seperti ilustrasi-ilustrasi lain Hege untuk buku-buku saya yang sebelumnya. Saya sangat menyukai ilustrasi ini.

Ini hanya salah satu, yang artinya masih ada beberapa ilustrasi lain lagi dari Hege yang akan muncul di novel terbaru saya.

Novel terbaru saya akan terbit bulan September ini. Tanggalnya masih rahasia. Saat ini, novel tersebut sedang memasuki tahap pracetak: setting isi dan perancangan cover. Semoga berjalan lancar dan teman-teman semua dapat segera menikmati isinya.

Terima kasih!

- Bara

3 September 2015

Breaking News: I Fall For You




Selamat siang, teman-teman pembacaku yang baik hatinya.

Hari ini saya mau memberikan kabar terbaru tentang buku kedelapan saya, sekaligus novel keempat saya, "I FALL FOR YOU". 

Sebelumnya, "I FALL FOR YOU" dijadwalkan terbit oleh Penerbit GagasMedia pada bulan Agustus 2015. Namun, karena proses penggodokan naskah di tim redaksi, maka jadwal terbit dimundurkan.

"I FALL FOR YOU" akan terbit pada akhir September 2015.

Bersama dengan itu, juga akan ada beberapa perubahan:

1) JUDUL "I FALL FOR YOU" akan diubah, menjadi berbahasa Indonesia. Bukan merupakan terjemahan langsung dari kalimat tersebut, melainkan akan dicari judul baru.

2) TAGLINE novel, yang sebelumnya "I Can't Smile Without You" juga akan diubah, menjadi berbahasa Indonesia.

3) DESAIN COVER, yang sebelumnya akan dibuat seperti dua novel terdahulu dalam serial Love Cycle, juga akan diubah, menyesuaikan konten dan nuansa cerita di "I FALL FOR YOU" yang sudah lebih dewasa ketimbang dua novel sebelumnya.

Jadi, saat terbit nanti, "I FALL FOR YOU" tidak akan bernama I FALL FOR YOU, tetapi akan menggunakan judul baru, yang saat ini belum ditentukan.

(Tapi untuk mempermudah kita ngobrolin novel ini, sementara judul barunya belum ada, kita masih pakai "I FALL FOR YOU" dulu ya!)

Update berikutnya:

Saat ini, "I FALL FOR YOU" sudah masuk tahap pra-cetak. Itu artinya, naskah novel sudah mulai di-setting atau di-layout oleh tim pra-cetak. Cover juga sudah mulai dibuat. Menurut tim redaksi, polling cover akan dilakukan minggu depan. Ah, saya nggak sabar pengin lihat cover novel baru ini. Kamu juga, kan? :D

Sekian dulu kabar terbaru dari novel terbaru saya, "I FALL FOR YOU" (yang akan berubah judulnya). Kalau ada pertanyaan, sampaikan di kolom komentar di bawah ini ya.

Terima kasih, teman-teman pembacaku yang baik hatinya!

Cheers!

- Bara