3 Januari 2017

Kalender Membaca 2017

Tiga tahun lalu, saya pernah membuat proyek serupa. Awalnya saya bikin proyek membaca ini buat diri sendiri saja. Tujuannya: untuk mengurangi tumpukan buku yang belum terbaca, sekaligus menebus dosa atas buku-buku yang dibeli secara impulsif tapi tak kunjung tersentuh itu. Namun, ketika saya iseng bikin pengumuman di twitter, ternyata banyak teman-teman yang tertarik ikutan bikin proyek serupa buat diri mereka sendiri. Saya senang sekali.

Jadi, tahun ini saya pengin bikin lagi Kalender Membaca 2017. Bagi yang pengin ikutan, ketentuannya masih sama. Tentukan paling sedikit satu buku yang ingin kamu baca setiap bulannya sepanjang setahun ke depan. Sedikitnya akan ada 12 buku yang beres dibaca, bukan? Angka yang kecil, tapi saya yakin kalian enggak akan berhenti jika sudah mencapai angka tersebut pada pertengahan tahun. Tambahkan jika memang ingin. Seperti saya bilang tadi, sedikitnya selesai baca satu buku tiap bulan.

Ketentuan lain, sebagai bukti bahwa kalian sudah membaca buku tersebut, kalian harus menulis catatannya di blog masing-masing. Resensi atau sekadar curhatan pun enggak apa-apa, yang penting bikin catatan. Jangan tanya lagi buat apa gunanya. Kalau sudah bikin catatan, kalian boleh share tautan blognya di kolom komentar tulisan saya ini. Enggak pun enggak apa-apa.

Proyek ini enggak ada hadiahnya. Saya hanya mengajak kalian melakukan hal yang menyenangkan. Merencanakan pengin baca buku apa selama setahun ke depan buat saya hal menyenangkan. Walaupun di tengah jalan bisa saja buku yang saya baca berubah, enggak masalah. Nah, berikut ini adalah buku-buku yang ingin saya baca tahun ini. Ada yang sudah saya mulai baca di tahun lalu tapi belum selesai, ada juga yang benar-benar belum pernah saya baca.




Nah, silakan menyusun kalender membaca 2017 milikmu sendiri. Kalau sudah, share tautan tulisanmu di kolom komentar pada tulisan ini ya. Barangkali saya atau yang lain terinspirasi dengan daftar buku yang ingin kamu baca. Selamat bertualang bersama buku-buku!

10 komentar:

Muhammad Afif mengatakan...

Wah Kalender Membaca 2017. Tertarik buat ikut bang bara, kan baca bukunya jadi terjadwal gitu. Hehe

Eh tapi gue masih belum tau buku apa aja yang akan dibaca, tentuin dulu atau baca semua dulu lalu ntar di pos ke blog?

cerita kata mengatakan...

Sudah selesai satu buku pada tanggal dua kemarin. Ah ikutan ah~~~ main ya bang ke rizzramm.blogspot.com tapi masih receh sih blognya

Rici Es mengatakan...

The Road menjadi buku favorit yang saya baca di tahun 2016 bersama The Lowland-nya Jhumpa Lahiri dan Traveller Of The Century-nya Andreas Neuman. Crime And Punishment di tahun 2015 bersama The Time Regulation Institute-nya Ahmet Hamdi Tanpinar dan The White Fang-nya Jack London. The Catcher In The Rey di tahun 2014 bersama A Farewell To Arms-nya Hemingway dan Tortilla Flat-nya Steinbeck. Sjon menjadi incaran saya sejak tahun 2013 namun kurang beruntung, semoga tahun ini saya bisa membacanya.

Selamat membaca bung...

Sukrisno Santoso mengatakan...

Saya juga membuat Daftar Baca Buku Fiksi Tahun 2017, Bang. Ini daftar bukunya: http://www.sukrisnosantoso.com/2017/01/daftar-baca-buku-fiksi-tahun-2017.html

benz mengatakan...

Afif: Tentuin dulu daftar buku yang ingin dibaca, bukan yang sudah selesai dibaca.

Cerita: Silakan ikutan.

Rici: Saya pengin baca Ahmet Hamdi Tanpinar, tapi belum sempat beli bukunya. Sama-sama!

Sukrisno: Selamat membaca.

Dida Darnisha mengatakan...

Ini versi saya bang hehe

Resolusi Baca 2017 http://didarnisha.blogspot.com/2017/01/resolusi-baca-2017.html

Septiani Rahayu mengatakan...

Waah menarik! jadi kepingin buat juga soalnya bukuku juga banyak yang belum terselesaikan untuk dibaca. Bahkan, ada yang belum dibaca sama sekali. Sementara keinginan membeli buku pun suka nggak kekontrol, padahal tumpukan buku masih ada.

benz mengatakan...

Dida: Selamat membaca!

Septiani: Iya, saya bikin program semacam ini terutama buat mengurangi tumpukan dosa itu. Hehe.

Virta mengatakan...

Kalau 2017 ini saya berencana keliling dunia melalui buku bang. Books Without Borders, nama projeknya 😁

http://www.esviai.com/2017/01/books-without-borders.html

Lantikawati Nur Kumala mengatakan...

Saya ingin ikut, hanya saja belum menentukan buku apa saja yang akan dibaca.. hihihi, benar-benar project yang akan menyenangkan 😊😊