12 Januari 2018

WE, Yevgeny Zamyatin



Hal terbaru yang saya kerjakan tahun ini: menerjemahkan novel. Sejak akhir tahun lalu, hingga awal tahun ini, saya menerjemahkan novel We (1924) karya Yevgeny Zamyatin (1884-1937), penulis Rusia era Uni-Soviet. Saya menemukan novelnya secara tidak sengaja ketika mencari bahan bacaan di Internet. Setelah beres membaca dan merasa novel ini sangat bagus, saya tergerak untuk menerjemahkannya. Usut punya usut, secara kebetulan ada penerbit yang memang ingin menerjemahkan novel ini. Saya menawarkan diri, dan mereka mengiyakan.

Novel We bercerita tentang dunia distopia kira-kira pada abad ke-26. Sebagian pembacanya menganggap novel ini merupakan pelopor genre distopia, yang kemudian dikembangkan dan menjadi lebih populer oleh karya-karya sastra berikutnya seperti Brave New World Aldous Huxley dan 1984 George Orwell. Film-film Hollywood genre distopia yang modern dan populer seperti trilogi The Hunger Games, The Maze Runner, dan semacamnya, merupakan variasi atas dunia dan gagasan-gagasan yang telah muncul sebagai embrio dalam novel We.

We, Yevgeny Zamyatin, akan diterbitkan oleh Noura Publishing. Rencananya mungkin bulan keempat atau kelimat. Saat ini naskah sudah berada di tangan editor. Ini pengalaman yang cukup baru buat saya, walaupun saya sudah pernah menerjemahkan beberapa cerita pendek yang saya suka dan ditayangkan di blog ini. Mari sama-sama berdoa prosesnya lancar agar We dapat hadir sesuai rencana dan lekas dinikmati teman-teman semua.

Hidup Para Digit!



Bara

Tidak ada komentar: