5 April 2018

5 Toko Buku Online Favorit



Fotonya enggak nyambung gapapa ya.



Saya pakai online aja ketimbang daring. Bukan karena enggak cinta dan menghormati bahasa Indonesia, tapi rasanya lebih alamiah aja. Seperti yang kebanyakan dari kita alami, perkembangan teknologi sekarang mengubah banyak hal, termasuk cara belanja. Belanja online udah bukan hal aneh, malah jadi kebiasaan dan bagian keseharian manusia modern. Enggak terkecuali perkara belanja buku.

Sebagai orang yang senang menumpuk buku (harap jangan ditiru, kalau beli buku sebaiknya langsung dibaca) saya hobi banget belanja buku. Baru melihat-lihat buku aja saya udah senang. Ketika membayar buku yang saya incar, perasaan senangnya bertambah. Perasaan senang yang saya dapatkan saat belanja buku kadang-kadang nyaris seintens ketika membacanya.

Sekali waktu, saya masih belanja buku di toko buku offline (luring: luar jejaring), tapi sekarang lebih sering belanja di toko buku online. Alasannya simpel: cepat, gampang, praktis. Memang ada biaya  pengiriman, tapi saya anggap aja itu buat bayar ongkos karena saya enggak perlu berkendara motor dan muter-muterin toko buku tanpa kepastian ada enggaknya buku yang saya cari.

Nah, berikut ini 5 toko buku online favorit saya, yang paling sering saya samperin setiap pengin belanja buku:


1. Kedaiboekoe (@kedaiboekoe) - highly recommended!

Mereka punya akun Twitter maupun Instagram, tapi saya lebih sering skrol-skrol katalognya di Twitter. Adminnya update setiap hari. Yang saya suka, update-nya sering tematik. Misal di jam-jam tertentu di setiap harinya yang diunggah katalog buku-buku tema agama, bola, atau fiksi. Saya sering belanja di Kedaiboekoe kalau pengin cari buku-buku nonfiksi terjemahan Indonesia tema agama. Sudah berkali-kali belanja buku di sini, belum pernah kecewa satu kali pun.


2. Periplus.com

Tiga bulan terakhir saya hampir selalu belanja di web Periplus kalau pengin beli buku-buku impor. Koleksinya banyak banget karena basis datanya world wide, enggak seperti toko offline-nya yang terbatas. Proses pembelian jelas dan mudah. Kalau punya kartu member Periplus malah bisa dapat diskon tambahan. Waktu pengiriman cukup lama (2-3 minggu) tapi buat saya enggak masalah.


3. Mizanstore.com

Salah satu toko buku online Indonesia yang lumayan sering bikin event buku diskon, dan biasanya lumayan gede. Terakhir saya belanja baru-baru ini pas ada event diskon 35% dalam rangka ulang tahunnya. Proses pembelian mudah. Dapat notifikasi yang tertib setiap ada perkembangan selama proses pengiriman, jadi melacaknya pun gampang.


4. Gramedia.com

Belanja buku di web ini untuk alasan yang sama seperti Mizanstore.com, karena sering bikin event buku diskon. Proses pembelian pun mudah. Memang sempat kena masalah yang waktu event gede-gedean itu, tapi menurut saya kasus tersebut pengecualian. Saya tetap bakal beli buku di sini kalau ada event diskonan lagi.


5. Toko Ami Toko Buku (Instagram: @tokoami) -- highly recommended!

Koleksi buku impor bekasnya mantap. Langsung aja meluncur ke galerinya di Instagram. Kemarin saya nemu novel We Yevgeny Zamyatin dan White Noise Don DeLillo harga murah meriah dibanding cetakan baru. Kalau mau beli buku di sini harus gercep alias gerak cepat, karena hampir semua sudah sold out, dan kalau ada buku baru cepet banget terjual. Buruan selamatkan incaranmu!

2 komentar:

Afifatul Azizah mengatakan...

Paragraf ke-dua. Persis sayaaa juga begitu­čśů

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.